SILAHKAN KALIAN PELAJARI MATERI IPA TERPADU KELAS VII SEMESTER 1

MATERI IPA TERPADU

KELAS VII/SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NO

MATERI

KOMPETENSI DASAR

PENILAIAN

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Objek ipa dan pengamatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klasifikasi Materi

Kompetensi dasar

3.1.Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

Indikator

3.1.2 Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.1.3 Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

3.1.4 Menjelaskan pengertian pengukuran

3.1.5 Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran).

3.1.6 Membandingkan satuan baku dan tidak baku

3.1.7 Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran

3.1.8 Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)

3.1.9 Menjelaskan pengertian besaran pokok

3.1.10   Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.1.11   Menjelaskan pengertian besaran turunan

3.1.12   Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya

Kompetensi dasar

4.1.Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil

Indikator

4.1.1.    Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku

4.1.2 Melakukan pengukuran besaran- besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

4.1.3 Melakukan pengukuran besaran- besaran turunan sederhana yang sering dijumpai sehari hari

 

Kompetensi dasar

 

3.2    Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.

Indikator

3.2.1 Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.

3.2.2 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah.

3.2.3 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.

3.2.4 Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.

3.2.5 Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.

3.2.6 Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.

3.2.7 Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.

3.2.8 Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.

3.2.9 Melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.

3.2.10   Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.

3.2.11   Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi

Kompetensi dasar

4.2    Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

Indikator

4.2.1 Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.

4.2.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.

4.2.3 Peserta didik mampu melakukan pengelompokan dikotom dan membuat kunci determinasi

 

Ø  Tes tertulis

a.       Pilihan ganda

b.      Essay

Ø  Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø  Tes tertulis

a.Pilihan ganda

      b.Essay

      Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Zat dan wujudnya

Kompetensi dasar

 

3.3       Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan

Indikator

3.3.1   Menggolongkan karakteristik materi.

3.3.2   Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.

3.3.3   Menjelaskan metode pemisahan campuran.

3.3.4   Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.

3.3.5    Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia

4.3       Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

Indikator

4.3.1   Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas.

4.3.2   Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa, dan campuran.

4.3.3   Peserta didik dapat menjelaskan pengamatan, inferensi danmengomunikasikannya tentang perubahan fisika dan perubahan kimia melalui beberapa rangkaian pengamatan dan percobaan

4.3.4    Peserta didik dapat melakukan tentang beberapa metode pemisahan campuran (filtrasi, sentrifugasi, kromatografi, destilasi, dan sublimasi)

 

Ø  Tes tertulis

c.       Pilihan ganda

d.      Essay

Penugasan