SILAHKAN KALIAN PELAJARI MATERI IPA TERPADU KELAS VII SEMESTER 1
MATERI IPA
TERPADU
KELAS
VII/SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN
2021/2022
NO |
MATERI |
KOMPETENSI
DASAR |
PENILAIAN |
1. 2. |
Objek ipa dan
pengamatan Klasifikasi
Materi |
Kompetensi dasar 3.1.Menjelaskan
3 keterampilan proses penyelidikan IPA Indikator 3.1.2 Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA 3.1.3 Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4 Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5 Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran)
dan tidak dapat diukur (bukan besaran). 3.1.6 Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7 Memahami kegunaan satuan baku dalam
pengukuran 3.1.8 Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem
Internasional) 3.1.9 Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok
beserta satuannya 3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran turunan
beserta satuannya Kompetensi dasar 4.1.Menyajikan
hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil Indikator 4.1.1. Melakukan pengukuran dengan satuan tidak
baku 4.1.2 Melakukan pengukuran besaran- besaran
panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari 4.1.3 Melakukan pengukuran besaran- besaran turunan
sederhana yang sering dijumpai sehari hari Kompetensi dasar 3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati. Indikator 3.2.1 Menyajikan hasil pengamatan,
mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya. 3.2.2 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang
bersifat alamiah. 3.2.3 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang
bersifat buatan manusia. 3.2.4 Menjelaskan benda-benda yang bersifat
kompleks dan bersifat sederhana. 3.2.5 Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis
benda di sekitar. 3.2.6 Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup
dan benda tak hidup. 3.2.7 Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup. 3.2.8 Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan
benda tak hidup. 3.2.9 Melakukan pengamatan terhadap berbagai
makhluk hidup di sekitarnya. 3.2.10 Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di
sekitarnya. 3.2.11 Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
prinsip klasifikasi Kompetensi dasar 4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati Indikator 4.2.1 Peserta didik dapat menyajikan hasil
pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya. 4.2.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup. 4.2.3 Peserta didik mampu melakukan pengelompokan
dikotom dan membuat kunci determinasi |
Ø
Tes tertulis a.
Pilihan ganda b.
Essay Ø
Penugasan Ø Tes tertulis a.Pilihan
ganda b.Essay Penugasan |
3. |
Zat dan
wujudnya |
Kompetensi dasar 3.3 Menjelaskan konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan
kimia dalam kehidupan Indikator 3.3.1 Menggolongkan karakteristik materi. 3.3.2 Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan
campuran. 3.3.3 Menjelaskan metode pemisahan campuran. 3.3.4 Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia. 3.3.5 Mendeskripsikan perubahan fisika dan
perubahan kimia 4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau
karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau
pemisahan campuran Indikator 4.3.1 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas. 4.3.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa, dan campuran. 4.3.3 Peserta didik dapat menjelaskan pengamatan,
inferensi danmengomunikasikannya tentang perubahan fisika dan perubahan kimia
melalui beberapa rangkaian pengamatan dan percobaan 4.3.4 Peserta didik dapat melakukan tentang
beberapa metode pemisahan campuran (filtrasi, sentrifugasi, kromatografi,
destilasi, dan sublimasi) |
Ø
Tes tertulis c.
Pilihan ganda d.
Essay Penugasan |
0 Comments